Thursday, May 17, 2012

Hijab

HEuheuheuheuheu...

Dear Bloger... saya mau curhat soal HIJAB yg khususnya minggu2 ini semakin sering mengetuk pintu hati dan menyentil daun telinga saya...

Mungkin buat kalian yg sudah memilih sendiri keputusan berhijab ...Hijab itu perkara mudah...

gimana yah ceritanya... baiklah begini...

Sebenarnya dari dulu sekali sejak awal saya menstruasi... saya ingin berhijab... beneran deh... mungkin karena kakak sepupu saya makek jilbap jadi saya mau ikut2an...tapi keinginan tersebut dihalangi sang MAMA... menurut mama saya itu lagi galau anak puber... MAMA ingin keputusan berhijab bukan lantaran ikut2an dan mama ingin prosesnya pelan2 biar bisa pelan2 juga beli bajunya dll sebagainya.. well akhirnya keputusan berhijab itupun sirna....

LALU gw pun kuliah di UPI sebuah universitas negri di bandung yg katanya gak cuma edukatif tapi juga relegius... ditambahlagi lokasi kos2san gw yg deket  sama pesantren DT gerlong plus temen kos2san yg mbak2 akhwat...Dijaman itu gw termasuk remaja yg GAUL dan BEKEN di eranya.. ciyeh... tapi beneran loh=)) di area kos2san di jurusan sampe di fakultas... siapa yg gak kenal gw??wkkwkwkwkwkw... some of them call me.. Adhe britney.. wkwkwkwkwkwk..gonta ganti style berasa paling trendsetter.. dr ala gimbal rasta ala reny jayusman sampe britney spears wanna be...bukan cuma fashion dan kondisi berbusana yg bikin mahasiswa2 lain mengenal gw.. dosen2pun sering menyindir gw bahwa too much ventilasi dibaju gw.. belom lagi ada perseteruan dengan para akhwat2 jilbap lebar yg suka gw ajak berantem karena mereka rese sama gw dan gw gak terima bau kaos kaki mereka hahahahaa... well...tapi mungkin Allah memang sangat menyayangi gw.. pun di tengah kebimbangan gw mencari pencarian jati diri gw pun sempat kembali dia ketuk dengan keinginan berhijab... bukan karena ceramah2 di DT atau sindiran2 akhwat2 tersebut... tapi entah mengapa di balik kebebasan yg gw usung dan banggakan justru tersimpan sejuta keinginan dan kebutuhan untuk merasa terlindungi....

Mungkin lagi2 karena kegalauan dan kelembekan kadar iman yg gw punya.. pun keinginan tersebut kembali tertunda...


Dan lagi2 Allah tak pernah lelah memanggil...keinginan berhijab selanjutnya kembali hadir justru saat saya sedang bersekolah di sebuah sekolah khatolik dibawah naungan organisasi khatolik terbesar charitas di jerman... Keinginan tersebut semakin besar justru saat saya lebih sering membahas membaca biebel, mengulik filosophie mengunjungi gereja dr pada mengaji dan pergi kemasjid... KEHADIRAN rasa ingin berhijab itu lahir begitu saja dan saya pun beberapa kali sejujurnya memberanikan diri untuk hadir ditengah kerumuman orang tak seiman dengan mencoba berhijab.... Saat itu mungkin adalah saat pencarian diri terbesar yg pernah hadir dalam kisah hidup saya... saya ingat benar.. saya bahkan pernah mencoba memakai jilbap saat bekerja di kantor ...saya mengalami massa dimana mata2 memandang saya dengan pertanyaan2 dan kebencian karena seutas kain yg menutupi kepala saya... saya mengalami massa pencemoohan dan juga penghinaan gara2 seutas kain yg menutupi rambut saya... SAYA INGAT.... bahkan saat itu saya sempat berdoa.. agar kelak dihadirkan seorang imam yg mampu menjaga saya dan melindungi saya juga melindungi hak saya menutup KEPALA saya dengan kain yg disebut JILBAP...dan sejujurnya... lagi2 keimanan saya mungkin bagai pasir yg terlalu kecil sehingga dengan mudah terterpa angin....
sehingga entah mengapa saya pun sudah melupakan bait2 doa yg dulu saya panjatkan...

SAYA tidak LUPA bahwa sebagian besar doa2 saya terjawab... dan untuk itupun saya bersyukur...!! TAPI sejujurnya saya lupa sempat lupa... terhadap keinginan saya untuk berhijab...hingga... suatu waktu suamiku yang sangat dicintai Allah itu berkata padaku...*Hon..belajar berhijab yah..pelan2 aja.. sesekali pakek jilbap* begitu katanya suatu waktu...tapi karena saya itu agak2 error jadi kata2nya lewat doank...
Kelang beberapa hari dia mengulangi kata2nya.... lalu akhirnya saya pun pergi ke mall dengan pakek jilbap hahahhaaha... 2 x deng... 3 x sama ke dokter..

dan lagi2 saya lupa.. karena saya pikir tadinya itu intermezo doank...


SEKALI lagi.. Allah swt sangat mencintai saya mungkin... hingga beberapa minggu yang lalu... suamiku kembali berkata* MOMSKI sudah saatnya kamu berhijab... katanya saat itu di super market gara2 pusing ngeliat saya yg suka serampangan dalam berjalan dan duduk..>>>lagi2 lewat doank kek angin lalu..

KEmudian saat dipasar pagi.. lagi2 suamiku berkata kali ini agak keras...*MOMSKI itu tanggung jawab ayah... sudah saatnya momski berhijab... susah ayah liat aurat istrinya kemana2....*gw terbelalak sambil bilang "taaaaaaaaaaaaaaaaapiiiiiiiiiiii yah???tidak ada istilah siap tak siap.. wajib hukumnya momski...
saya hanya terdiam.....

dan sindiran itu berganti dengan pertanyaan yang semakin sering suamiku ucapkan....dah akhirnya saya pun hanya bisa terdiam....

mungkin saya memang mencari2 alasan.. karena ada ribuan alasan yg memang logisnya otak saya tidak beralasan.. alasan2 karena kelembekan dan ketipisan iman...alasan2 manusiawi krn kebodohan2 saya....

alasan2 karena ketakutan2 yg tidak beralasan...

karena saya masih suka fashion.... karena saya jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang sekali liat jilbaber yg keren....>>>bukan alasan bgt mungkin..tapi emank begitu kenyataannya.. even mungkin mereka merasa mereka keren.. lalu hati kecil saya berkata... kenapa gak kamu buktiin kalo kamu masih keren...??it cost more....>>alesan...*begitu perdebatan dalam hati saya..

karena saya takut baju2 saya di lemari mubazir...>>suami bilang*buat kenang2an..lagian bisa di pakek dirumah mom... oh yeahhhhhhhhhhh rock escada baju gucci buat ngulek sambel....>>>nanti harus beli baju lagi.... uang lagi..nanti momski ngerepotin ayah>> Justru nanti rezeki kita dilipatgandakan ALLAh...>>akupun diam

jujur yah.. klo nanti misal kita tinggal di luarnegri momski kembali kerja masak momski buka jilbap lagi>>>momski gak akan balik lagi kerja karena kan nanti ayah jadi orang kaya raya....


dan didalam hatiku pun dalam sujudku akupun kembali menangis..NIKMAT yang mana lagi yg hamba dustakan ya ALLAH... engkau jawab doa2 hamba... hamba dikaruniai SUAMI yg begitu mencintai hamba.... yg tak pernah berhenti membawa hamba kedalam jalan2 yang baik....

TOLOng beri hamba sedikit keberanian dan keteguhan hati... ketuk hati hamba agar keinginan berhijab lahir dr hati hamba.... karena hamba tau SUAMI hamba merestui....

***kembali dalam galau dan diam....

No comments: