Tuesday, December 11, 2012

ngidam cheescake or kaesekuechen

hi bloger...
sebelum saya share soal resep cheescake saya yg cetar membahana itu huahahhaa..For YOUR INFormartion.. sebenernya saya itu sangat NEWBIE di dunia perdapuran apalagi urusan baking2...saya cuma ahli di dunia permakanannya saja... NYESEL juga sih 10 tahun melanglang buana di europa cuma numpang makan doank.. padahal saya dulu sebenernya di kelilingi koki2 lokal nan handal.. mungkin krn itu juga jd males dan taunya makan doank...padahal klo dipikir2 dulu mama jerman jago bgt bikin cheescake trus koki kantor si alex yg keturunan italy itu sangat jago memasak apa aja... yaaaaaaaaaaaaaaah tapi penyesalan kan datangnya selalu belakangan,..krn klo dulu mah kan ga nyesel enak aja tinggal makan wkwkwk

well...ceritanya mungkin krn efek menyusui juga...saya yg emank doyan makan ini jd semakin rakus ngidam tak tentu arah...terutama ngidam cheescake... selain krn faktor kebiasaan karena dulu di jerman klo dinas siang selalu disuguhi aneka cake enak2 sama  assisten di kantor klo gw lg jd kepala dinas harian.. what an amazing life ye...secara kata temen gw yg spesialiskulit rs indonesia snack pasien palingan bubur kacang ijo wkwkwk...ga usah di terusin deh gosipnya nanti di kira over ke jerman2nan..

baiklah kembali ke resep cheescake.. resep cheescake yg aku punya ada 2 versi.. versi jerman dan ala indonesia..

aku share yg versi indonesia dulu ya..


Crust
250 gr biskuit oreo atau 250 gram marie regal suka2 aja..
100 gram unsalted butter
Cake:
200 gr gula pasir atau 1 mug gula *krn ga ada timbangan
4 butir telur
1 kg cheese cream
250 gr sour cream atau klo ga ada 300 gram yogurt tapi yg kental ya bukan yg cair dalem botol
1 sdt air jeruk lemon atau sirup jeruk nipis
2 sdt kulit jeruk lemon parut
Topping:
250 ml whipped cream kalo suka
1 sdm gula pasir
250 gr selai blueberry atau buah strawberry tapi klo aku lebih suka pake buah jeruk mandarin
How-To:
  • Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega, sisihkan. Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuang butter (atau margarine) yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat, oven sebentar [5-10 menit] angkat, sisihkan.
  • Kocok gula dan telur hingga kental, masukkan cheese cream dan sour cream bergantian sambil terus dikocok.
  • Tuangkan adonan ini ke dalam loyang, di atas adonan biskuit, lalu oven dengan suhu 165C dengan cara au bain marie [diletakkan di atas loyang yang sudah diisi air] selama 90 menit.
  • Angkat, dinginkan di suhu kamar, hingga benar-benar dingin.taro dikulkas kira2 4 jam br keluarin dr loyang...

Cheescake cara JErman

Untuk bawahnya
75 gButter
telur
75 ggula

1 bks vanili *klo mau
150 gtepung
½ bungkusbakingpowder atau stengah sendok teh
sedikit garem
mentega untuk dioles di loyang
untuk isinya
125 gButter
750 gquark atau creamchees
200 ggula
50 gsemolina
telur di pisah
air jeruk lemon


cara membuat> Butter dgn telur,gula,garam,tepung und Backingpowder adukrata. pokoknya di campur sampe padet kek mo bikin adonan kulit pizza
terus ditaru di loyang yg pinggir2nya sudah di olesi butter or mentega

untuk isinya Butter dikocok sampe berbusa masukin quark or creamchees dan gula perlahan2 satu demi satu kemudian semolina kalo ada lalu kuning telur dan air lemon. putih telurnya di kocok sampe mensalju*berbusa kemudian dicampur dengan adonan tadi

Oleskan adonan diatas adonan kulit pie yg sudah di buat lalu panggang di suhu 200 atau 180 derajat selama 50 menit

SELAMAT MENCOBA!! Kalo gagal jangan menyerah beli aja di the harvest atau breadtalk hahahahhaa lebih gampang wkwkkwkw

No comments: