Tuesday, November 29, 2011

Pasar Tradisional vs Warung vs Supermarket vs Minimarket

Well Bloggers... terutama untuk para ibu2...Jadi begini djeng..=)) " sebenarnya sejak sebelum pulang ke indonesia sebulan yang lalu...saya emank sudah beriming2 dan membayangkan..."asik banget! Balik ke indonesia berarti bisa ke pasar=))" yah mungkin ini bawaan memorie di tahun 90an waktu saya masih kecil dulu...kalo mama saya belanjanya di pasar2 begituuuuuuuu=))

Eh ternyata!!...Balik ke Indonesia.. saya melihat pasar tradisional itu sudah sangat jarang sekali...atau suasana pasar tradisional yg becek dan jorok bikin nuansa pasarnya gak seasik dulu... atau mungkin karena emang suami saya yang males ngajakin saya ke pasar hahahahhaa... dan saya gak ngerti caranya naik angkutan umum ke pasar tradisional terdekat... akhirnya yah pupus sudah iming2 belanja di pasar...

Tapi saya tidak menyerah ibu-ibu muda!!.. Saya pun sumringah pas denger suara tukang sayur...ngebayangin lagi2 memorie masa kecil saya yang suka serta merta flashback..kalo belanja di warung or tukang sayur lewat itu seru bgt...ibu2nya pada ngobrol2 kadang2 ngegosip sama tetangga..atau cuma sekedar bertukar guyonan...terlepas dr manfaat dan mudaratnya.. menurut saya pribadi.. "a family and friendly kultural like that so indonesia.. and the thing i missed the most...":-< tapi saudara2 ternyata lagi2 saya keliru... Ibu2 disini jarang ada yang mau nyamperin tukang sayur.. beberapa dari mereka hanya mandek di balik pagar rumah masing2...Beli bungkus masuk... pun tak ada tawar menawar...kalau pun ada beberapa ibu yang sesekali berpapasan bersama saya di tukang sayur... mereka semua rata2 diam tak bicara....Well... jangan sebut Jeng Jai.. kalo saya menyerah begitu saja... dengan polos saya ulurkan tangan dan menyebutkan nama saya.. memperkenalkan diri saya sebagai si tetangga baru... tapi beberapa dr mereka hanya memalingkan muka.. ada yang menyambut tangan saya sambil tersenyum tapi tidak mengucapkan namanya...*saya jadi bingung*..Rencana dan harapan serta sejuta keinginan membayangkan hidup bertetangga musnah sudah.... agak syebel saya memang sempat berfikiran buruk *Deuhhhhhhhhhhh... komplek butut begini aja sombong2 pisaaaaaaaaaaaaaaan!!gimana kalo komplek elit??*..tapi saya pikir.. mungkin saya yang terlalu lama tinggal di kota kecil eropa sana... sehingga saya tidak menyadari semengerikan-apakah Metropolitan ini...??

Dan akhirnya saya pun tidak menemukan alasan kenapa saya harus belanja di Tukang sayur lewat karena:

1. Tukang sayurnya SONGONG=))
Kenapa saya bilang songong.... kadang2 dia dateng pagiiiiiiiiiiiiiii buta.. dimana pagi buta saya sibuk nyiapin sarapan dan pakaian kerja suami..or beres2 or nyuci... jadi menurut saya dia Songong!!...Trusssssss kadang2 udah saya tunggu2in eh dia gak lewat... besoknya saya tanya dengan santai dia bilang" kan udah abis bu..jadi gak lewat cluster rumah ibu!!!"=(( atau dia bilang...
2. Gak Lengkap...
Seperti yg saya bilang diatas.. karena dia sukanya lewat cluster eike pas udah mo ngabisin barang.. jadi jualannya sering gak lengkap dan itu ngerepotin eike...kalo mau memasak sesuatu..
3.No hablumminannas Gak pakek tawar menawar...Monopoly
Berhubung tukang Jualannya alias emang-emang sayurnya yg jual dia doank.. jadi nawar juga keknya percuma.. lagian...bergaul tetangga juga gak bisa..pilihan barang sedikit...Mahal pula??!

keputusan itupun membuat saya akhirnya mengayuh sepeda saya menuju pangkalan tukang sayur...

Tapi sodara2.. pangkalan tukang sayur ini pun sebagai yang terbesar dan terlengkap di area komplek ...memiliki kondisi yg hampir mirip dengan tukang sayur lewat...sama2 monopoly, gak bisa nawar...(bisa sih..asal loe mau doi cuekin =))dan loe gak kelar2 belanja gara2 yg ngantri banyak bgt..plus dia cuek jawab...gak bisa "loe mau beli atau kagak urusan lo=))) dan ibu2 yg lain juga gak bakalan ngajakin loe ngobrol=)) mereka hanya belanja...dan pulang..senyum pun tidak saudara2=)) dan apa yg loe mau beli sudah di bungkus2 kecil perpaket... so loe harus beli dengan resiko misal cabenya gak oke semua... tapi campur aduk... dan untuk harga sayuran (sayuran disini adalah bener2 sayur kayak kangkung bayem dll.. elu mendapatkan harga yg rendah) tapi selain itu=))sama aja kayak di supermarket...

CERIA-Mart..Indomaret dll....
Benar2 bikin usaha warung2 kecil di indonesia musnah... soal harga.. saya gak bilang mahal juga gak bilang murah=)) soalnya untuk beberapa produk emank dimana2 sama... dan disini mungkin krn jarang beli buah dan sayuran pun rata2 gak segar...!!!Cape dehhhhhhhhhhhh!!!kecuali produk2 instan yg keknya lagi di gandrungi orang indonesia... kamu pun gak akan menemui aneka daging atau ikan segar..!!Belom lagi.. kalo kembalian kamu dibawah 500 rupiah.. kamu langsung di todong buat sumbang PMI=)) hahahahhaha.. Well sebagai salah satu bekas tenaga medis di eropa... saya memang gak suka sama praktek sumbangan RED CRoss...!!jadi saya keki kalo disuruh sumbang PMI walau cuma 500 rupiah saja..!!mending gw sumbangin sama duafa ketauan kemana dananya,.!!

Dan akhirnya mau gak mau saya kembali ke SWALAYAN... entah itu Giant, superindo, carefour dll...nah dideket komplek rumah saya skr ada superindo ibu2...ikan dan dagingnya segar2 bgt.. apalagi ikannya... masih hidup dan bisa gratis panggang dan goreng (untuk ibu2 yg sibuk=))kerja)yg namanya swalayan pasti lengkap...dan nyaman tentunya...
KEcuali harga sayur2 segar yg menurut gw bener2 gak logissssssssssss bgt... !!misal sayur bayem di tukang sayur seiket 500 dengan iketan yg sama kecilnya dan kadang kesegaran sayur plus quality yg sama..harus saya bayar sebesar 3000 rupiah... Najiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis bgt kan..atau harga tahu cina deh.. di tukang sayur 2000 rupiah tapi di sini harganya jadi 3000 rupiah..
HAhaha.. sejak jadi ibu2 saya emank agak care terhadap perbedaan harga...kalo dulu sih cuek2 aja... kalo sekarang... walau suami gak ngasih uang belanja kurang dan gak bawel... saya merasa tertantang untuk mempress uang bulanan seminim mungkin... krn lagi2 saya ingin kayak mama saya dulu... walau uang belanja bulanan dr papa pas2san mama selalu bisa menabung dan menyisihkan..!! hahahahha.. so.. saya benar2 ingin bisa seperti itu!!walau sampai hari ini belum terwujud juga...LOL=))karena yang ada masih nombokin!! hahahahaha


so.. akhirnya setelah 1 bulan.. saya menemukan aneka tips dan trik belanja cerdas..setelah meminta saran Mama dan Ibunda mertua: (hihihi... karena mereka lebih berpengalaman)


1. PErhatikan harga pasar.. jangan tertipu iklan Hemat....


2. Belilah sesuai pada tempatnya.. alias beli sayur yah sama Tukang sayur...selain lebih murah...sering kali jauh lebih segar..krn setiap hari fresh beda sama swalayan yg sering gak laku dan akhirnya justru jelek dan tidak segar (pengaruh psychologie market terhadap lampu swalayan)


3.Sebaliknya membeli bumbu2 masakan seperti cabe, bawang dll.. sebaiknya di lakukan di swalayan.. selain sering kali harganya sama... kamu bisa memilih sendiri bawang mana yg masuk plastik kamu...!


4.Salah satu keuntungan belanja di swalayan..Keprofesionalitasan mereka bekerja..!!JAdi jangan ragu untuk complaint kalo memang kamu gak puas


5. Promo dan hadiah.. (jangan tergiur tapi tak ada salahnya)misalnya sudah sebulan ini saya dapet cairan pel sampe 3 bungkus ....OOOh My God!!


6. Say No to Sumbangan !!!untuk sisa belanja anda!!..bukan karena pelit tapi...bersedekahlah dan ketahuilah manfaat dr sedekah anda...!




Selamat mencoba ibu2!!.. and still i miss pasar tradisional
 

No comments: