Wednesday, November 30, 2011

Jadi apa yang uangnya banyak?

Ini cerita soal keponakanku sayang...M. Naufal Akbar Habibullah... Begitu nama panjangnya... Intermezo>
Dulu sewaktu dia lahir aku masih di eropa dan abangku sang ayah dr anak lelaki ganteng ini sempat bertanya padaku..."Kasih nama apa dhe?" Aku pun menyiapkan banyak nama2 keren... ala Jerman kayak.."Maximilian.. yang artinya.. GEDE!! dan Maximilian adalah nama kaisar di eropa yang terkenal..eh tiba2 namanya jadi begitu.."dulu aku bersungut2 sama abangku... "yah namanya jangan extreem donk..nanti susah bikin visa=))begitu celotehku dulu.... yang tentunya disambut senyum dan geleng2 kepala oleh abangku..."nama itu doa...Akbar juga gede kok artinya.. kata abangku waktu itu...

Well aku memang akan menceritakan tentang polah dan ulah anak umur 5 tahun keponakanku itu yang walau kata nenek dan ayahnya bandel bgt..tapi selalu bisa mengusir duka dan membuatku terpingkal2 saat di dekatnya...

Naufal si anak nenek...=))begitu aku sering meledeknya... karena dia memang dr bayi dibesarkan oleh mamaku.. karena mama dan ayahnya yang berkerja di luar kota... Dan mau tak mau karena aku memang sedang sangat ingin segera punya momongan... Pendidikan dan IQ kecerdasan keponakanku ini menjadi perhatian khusus untukku... dan setelah kuperhatikan... Kondisi menua dan mungkin lelahnya mamaku membuatku membandingkan cara2nya mendidik cucu2nya yang menurutku berbeda dengan caranya mendidik kami dahulu...

Berbeda dengan kecerdasan anak2 bintang yang selama ini aku temui... sempat pula sejujurnya aku katakan aku sedikit kecewa..kenapa keponakanku tersayang itu dulunya aku pikir tidak terlalu bersinar dengan kecerdasannya... kayak Jonathan yg menurutku cepat untuk menghapal dan mengingat sesuatu... sempat pula aku menanyakan hal ini pada mamaku..."Naufal gak diajarin yah mah.. aneh...Ayahnya cerdas bgt.... mamanya juga keknya lumayan.. kok dia???"tanyaku yang waktu itu cuma sesaat saja bersamanya...mamaku hanya geleng2 kepala....menanggapi kekhawatiranku.... dan ternyata mama benar... dan aku keliru...

Intens dan kebersamaan ku dengan naufal yang memang aku lakukan lebih intens akhirnya membuatku lebih mengenalinya... dan ternyata mamaku benar..."Naufal adalah anak cerdas yang memang tumbuh agak berbeda dengan anak bintang menurutku.... "dan Kecerdasan seorang anak tidak hanya diukur seberapa cepat dia bisa membaca atau menulis dan berhitung....

Naufal lebih suka menggambar... dari pada duduk diam dan belajar menghitung... dan aku senyum2 sendiri kala melihat gambarannya yang menurutku sangat bagus itu... (mungkin nurunin bakat auntynya yang cantik ini hahahhaaha)..waktu itu dia berumur 3 tahun saat dia menggambar sesuatu yang membuatku bingung.... dan ketika aku tanya.. apa itu.... (tadinya aku pikir "dia memiliki fantasi tentang hewan tumbuhan dan fenomena alam seperti anak kebanyakan) tapi dengan polosnya dia bilang" Coba liat baik2 aunty... warnanya kuning agak coklat... kulitnya kriting2...=))"aku semakin kebingungan karena again aku fokus pada fenomena2alam..."ini gambar Fried chicken" ujarnya sebel krn aku tak berhasil menebaknya... dan aku pun menepuk jidatku=))menyadari bahwa memang itu gambar friedchicken...=))aku hanya tidak menyangka bahwa itu yang ada di pikirannya....kemudian dia menggambar lagi... kotak persegi panjang mirip penggaris.... dan dibagian depan kotak itu ada satu kotak mirip bujur sangkar.. dia tambahkan.. dan di kotak mirip persergi panjang mirip mistar itu bagian belakangnya dia warnai dan digambar bulatan kecil warna hitam... aku pun kebingungan..."ini gambar apa fal?tanyaku..." Sikat WC=))ujarnya... dan aku pun tak mampu untuk menghapus airmataku..karena sekali lagi aku tak habis pikir dengan fantasynya...

Dia memiliki bakat SOCIAL Inteligenz yang luar biasa... keberaniannya dalam bicara...yang tidak malu2..."suatu hari pernah aku mengajaknya ke sebuah cafe ternama di kota asalku..dia yang waktu itu baru berumur 3 tahun... keheranan melihat poto2 artis yg dipajang disitu serta merta mengambil kameraku dan memintaku memfotonya... kemudian dia mengambil kameraku..dan memberikannya pada pelayan cafe....seraya berujar.."Om.. disini ada poto aku.. tolong donk taro kedalam situ"ujarnya menunjuk pinwannd tempat foto2=))dan para pelayan di restoran kebingungan mencoba menjelaskan padanya bahwa itu foto tempat artis2=)) seolah tak menerima penjelasan pelayan dia memperhatikan foto2 itu satu2.... foto2 yang menunjukkan kalo artis2 itu datang dan makan minum disitu.... "tanteku dan aku kan juga beli makanan disini om.. jadi potoku juga harus dipajang"katanya polos dan kesal=))

sekarang umurnya sudah 5 tahun....suatu hari aku melihatnya sedang bermain bersama om dan tantenya (yaitu anak2nya bibi2ku)yang usia mereka jauh lebih tua dr pada dirinya.. hanya karena ukuran tubuhnya yang gendut selalu mampu membuatnya merasa "sudah besar"=))
anak2 kecil itu sedang mengobrol.. "kalo besar mereka mau jadi apa???" saat anak2 lain menjawab ingin jadi Dokter, polisis dll sebagainya.. Naufal menjawab dengan lantang "AKU INGIN JADI USTAD" aku terpana terkejut begitu juga dengan om dan tante ciliknya itu.... ngapain jadi ustad??? "Ustad itu paling banyak duitnya...!!jawabnya=)) aku kaget sekaligus bingung tapi tertarik menguping obrolan anak2 kecil itu...."mana mungkinnnnnnnnnnnnnnn.... !!banyakan duit polisi!"ujar arif sepupuku yang baru kelas 2 sd itu=)) "iyaaaaaaa naufal... banyakan duit dokterrrrrrrrrr..liat aja ustad TPA cuma dapet 10ribu dr yang ngaji"ujar rio sepupuku yg kelas 6 sd tak mau kalah berargumen... Tiba2 Naufal diam dan...berlari kedalam mencari mamanya.. kakak iparku yang kebetulan libur dinas...."Maaaaaaaaaah.. kata Rio dan Arif.. ustad gak banyak duitnya.. mama gimana sih?ujarnya mengadu dan kesal"...Kakak iparku itu mendekatinya... dan berkata "aaaaaaah rio sama Arif itu belom tau aja... Ustad itu banyak duitnya...!!Liat aja ustad2 di TV... duitnya banyaaaaaaaaaaaaaaak terkenal.. sekali ceramah berjuta2... coba kalo ceramahnya tiap hari.. nanti Naufal kalo udah gede kan jadi ustad yang kayak di TV/tv kalo ustad tpa juga uangnya banyak tapi di surga!! ujar mamanya.. aku pun terkaget2 dan terharu.....
Dengan PEDE Naufal pun keluar menemui arif dan rio..."KALIAN belom tau aja.. nanti kalo kita sudah besar... kalian be2 aku ceramahin geratis...karena kitakan keluarga.. tapi kalo orang lain bayarnya berjutaaaaaaaa juta...karena aku nanti kayak AA gym.. katanya.."...arif dan rio terbelalak... iya yah aa gym punya pesawat... ujar rio.. (kayaknya pernah nonton di TV kalo aa gym bisa mengendarai pesawat)=))

aku yang terpingkal2 dan penasaran pun menanyai kakak iparku....

"iya.. naufal pernah bertanya.. MAMA kalo pekerjaan yang paling banyak uangnya itu jadi apa?? dia sekarang sudah mulai sering bertanya dan berfikir...dan juga membandingkan...mungkin karena dia punya banyak keinginan pengen beli maenan mahal dan dibilangin ayah dan mamanya"lagi bokek"jadi dia ingin besar nanti punya banyak uang=)) dan aku mengajarkan padanya.. agar dia jadi ustad...aku ingin dia menjadi anak yg seindah namanya... ujar kakak iparku itu....diam2 aku terharu dan kagum... selama ini aku sering sekali merasa lebih cerdas.. lebih smart lebih inovatif dr kakak2ku.... padahal aku sendiri tidak pernah berfikir begitu...walau sering kali berhayal dan berdiskusi dengan suamiku tentang anak kami kelak.. aku selalu membayangkan anakku nanti akan menjadi ILMUAN... ahli NASA...dokter hebat...!atau pemusik band Rock legendaris...aku memang mendoakan kesholehannya..tapi aku tak pernah berfikir dan mengetahui bagaimana mendidiknya untuk sholeh...kecuali dengan mengajarinya mengaji.. atau nilai2 islam yang lain...

seolah tertampar aku terdiam....

terbersit dalam doaku..."Who Knows... mungkin nanti aku pun ingin anakku bisa menjadi DAI... yang bisa berjuang untuk agamanya...!!


No comments: