Tuesday, November 29, 2011

Sup Kaki J5

Jadi ceritanya Hari ini saya mau nyobain masak Sup.... Karena kemaren2 udah Begahhhhhhhh bgt keknya masak Pindang2 an melulu=))

So Sup dengan Judul Sup Kaki J5 ini... (Jakarta Jerman Jeng Jaico Joooooo!!!)terjadi juga untuk menu Lunch saya dan suami...sebenernya sih gak ada reseptnya=))tapi karena menurut saya dan suami enak=))kalo ada yang mau nyobain silahkan...

Bahan2> : 1. Suka2 yah.. mau pakek Daging boleh...Tulang juga boleh..Tapi berhubung saya udah kangen bgt makan sup buntut dan juga lupa rasanya Kikil alias kaki sapi... makanya untuk resept ini saya menggunakan 2 buah Buntuh sapi, dan Kikil sapi kira2 kikil sapinya 400-500 gram..
2. Kayu manis kurang lebih 4 cm tapi 2 biji... (kalo mau pakek kayu manis bubuk ...just please!)
3. Pala satu buah di keprek boleh di giling juga boleh kalo mau pakek pala bubuk mungkin sekitar 1 sendok teh yah
4.Garam dan Gula secukupnya sesuai selera
5. Jahe kurang lebih 2 cm di keprek aja..
6. Tomat segar 2 buah
7. Daun bawang dan daun seledri sesuka hati
8. 1 buah Paprika Merah di potong dadu
9. Kentang Sup 2 buah.. di potong Dadu
10. Kembang Kol dan Brokoli (sesukanya aja)
11. Minyak samin 5 sendok makan.. atau kalo gak ada bisa di ganti sama Margarine.. kalo saya sukanya pakek Butter 1 sendok..karena juga gurih..
12. Susu Cair 400 ml.. (kalo di eropa keknya enakan pakek Sahne..tapi berhubung cari Sahne susah yah pakek susu cair aja)
13. bawang goreng
14. kecap manis
15. Cabe Hijau besar di iris besar2
16. Sambal (cabe ulek)


Bahan yang di haluskan : 8 buah bawang merah, 6 buah bawang putih, Lada putih (merica )1 sendok makan

Cara memasak: 1. cuci bersih buntut daging (atau apa aja suka2 loe) dengan air 2 Liter... sambil merebus.. masukkan kayu manis, Pala yang sudah di keprek atau di haluskan, Jahe yg sudah di keprek ...Rebuts hingga air berubah menjadi kaldu... dan daging menjadi empuk...(beberapa orang suka menyaring air kaldunya) Kalo gw kan orangnya males..dan karena saya sukanya mancing.,. jadi kaldu2 dan beberapa buih kaldu yg kadang menghitam tadi saya cedok2in aja pakek penyaring... setelah kaldu mengental (airnya berkurang) dan daging empuk... masukkan bumbu halus... tambahkan gula dan garam...(well saya diajarin mama saya dulu lagi kecil untuk menambah sedikit gula agar makanan menjadi gurih sehingga makanan lebih sehat dan enak walau tanpa penyedap masakan)masak dengan api kecil
2. Masukkan susu cair kedalam adonan dan aduk rata...

3. Kemudian masukkan kentang ...aduk terus dan masukkan juga minyak samin atau Butter atau margarin satu sendok kedalam adonan

4. Masukkan Daun bawang dan daun seledri dan Irisan Cabe besar
5. Masukkan Paprika
6. Terahir masukkan Brokoli,kembang kol dan Tomat yang sudah dicuci dan di potong (masukkan dibagian terahir setelah semuanya segera disajikan agar sayurnya gak benyek)
7.Hidangkan dengan ditaburi bawang goreng dan sambal..

Selamat menikmati... Resept ini untuk 2-4 Orang!

No comments: