Tuesday, November 29, 2011

KESURUPAN atau Spirit Possession atau Besessenheit From Relegie..and Psychologie n also Parapsychologie Aspek

Karena memang akhir2 ini suami saya getol bgt ngajakin saya nonton film horor=)) dan karena semalem kita abis nonton "Paranormal activity" 1 dan 2... jadi.. suami saya yg ganteng itu memang hobby sekali bertanya...pada istrinya...

Dear hon are u learning all about that? yg mana maksud laki gw.. mengenai Parapsychologie and so on...

dan kebiasaan buruk gw yg emank kadang2 minim dalam kosakata ini.. suka menjawab seadanya...=))karena sometimes emank mandek di vocabulary yg mana kadang gw kesulitan untuk menjelaskan sesuatu hahahahaha... well.. but the nice thing about that is... justru pertanyaan2 suami saya itu selalu mampu membuat saya menggali kembali dan mengingat2 apa2 yg saya pelajari and sometimes justru membuat gw berfikir analystik yg njelimet sehingga lahir lah notis seperti ini...

Bismillahirrahmanirahiim...(maaf kalo salah tulisannya)

Sebenernya saya sendiri cuma beberapa kali menemui dan melihat sendiri... orang yg kesurupan.... khususnya orang indonesia mungkin cuma 2 kali... sementara orang bule pun baru beberapa kali... yang total orang2 tersebut kurang dari 5...

sehingga mungkin apa yg saya tulis.. dan saya analist disini mungkin kurang tepat....


Karena sejak kecil dan besar hingga dewasa saya tumbuh di lingkungan dengan budaya mistik berbalut kepercayaan beragama...membuat saya mau tak mau percaya dan memang meyakini adanya SETAN dan JIN serta mahluk lain selain Manusia...

bedanya hanya.. dulu waktu saya masih kecil.. saya pikir ada sesuatu yg di sebut Hantu=)) dulu waktu saya kecil... setiap saya ketakutan sama yg namanya hantu...Mama saya yg emank enggak mengenyam pendidikan tersebut justru memanfaatkan ketakutan anaknya tersebut sebagai metode mendidik saya untuk berani sekaligus takut dengan memperkuat keberadaan Ala mistik tersebut...*LOL

Seiring dengan perkembangan otak dan pertumbuhan cara berfikir saya perlahan2 ala mistik tersebut berangsur punah hahahahhaa.. semuanya berawal dr kelas 1 sma karena disekolah saya belajar mengenai sejarah2 masyarakat kuno include bagaimana budaya dan kepercayaan masyarakat primitif dan perkembangan agama2 di dunia... sehingga budaya2 mistik layaknya ala perdukunan membuat saya berfikir bahwa hal2 tersebut gak jauh beda dengan animisme dan hanya membuat saya tertawa2 saja...even i m still ask my self..."bagaimana dengan setan?"

Belum lagi guru2 ngaji berikut dunia perfilman horor membuat saya mau tak mau percaya.... "the power of ayat kursi is really2 real!!!

Kemudian... saya pun melanjutkan pendidikan di sebuah universitas negeri yang katanya educatif dan relegius.. yang mana lokasi universitas negeri tersebut memang sangatlah relegius krn berdekatan dengan sebuah padepokan pondok pesantren.... dan disanalah pertama kalinya saya melihat fenomena.. kesurupan... (bersambung krn bikinin suami teh=)) )
and thats make me asking..."KOK bisa yah? bukankah setan itu takut masuk lingkungan yg relegie?bukankah setan dan jin yg jahat takut sama tuhan?"Lalu kenapa justru orang yg sholeh kek akhwat2 itu kesurupan yah?" pikir dan tanya gw waktu itu... and than.. gw pun bertanya.. pada sang teteh.. yg kebetulan..istri dr seorang pendakwah terkenal di negeri ini....

Dia hanya menjawab.." Itu ujian dr keimanan seseorang" sejujurnya saya tidak puas dengan jawaban itu....=))lol...dan itu membuat saya malah bersungut2 kesal..

Kejadian berikutnya justru menimpa seorang teman baik gw...=))LOL kali ini... gw gak melihat secara langsung apa yg terjadi.. tapi melalui sebuah hasil reportasi seorang teman baik gw... and one more its make me ask my self more and more...!! membuat saya kembali meragukan fenomena kesurupan....

Mungkin Allah memang sangat menyayangi saya... sehingga... Setelah sekian waktu berlalu...dan setelah saya memang benar2 melupakan fenomena tersebut... dan bahkan tidak mempercayai adanya femenonema dan basis2 Relegie apalagi mistik... even i still ask why... saya pun berangkat ke jerman...

Berada di negri dengan kemajuan teknologie yg sangat spectakuler berikut mempelajari ilmu2 yg mau tak mau membuat saya semakin realistis.. hingga saya menekuni... Ilmu2 psychologie.. membuat saya perlahan mengerti...bahwa banyak hal yg bisa di jelaskan secara logis....

Misalnya.. "beberapa gejala kesurupan yg pernah dan akhirnya saya sering lihat dalam dunia medis merupakan symtom... aneka penyakit kejiwaan atau penyakit syaraf seperti EPilepsi yg banyak ragamnya...":)

Kesurupan atau Besessenheit... bisa pula terlihat bagaikan symptom Paranoia... Wanh...Delusi..atau fase  delusi dalam Dipresi pada stadium yg tinggi... atau symptom yg mengikuti penyakit Schizrophreni..Trauma syaraf otak..dan lain2 sebagainya...

Bercengkrama dengan pasien2 tersebut membuat saya semakin tidak percaya dengan fenomena kesurupan...membuat saya yg bodoh ini meyakini bahwa hal itu tak lebih dr sebuah fenomena budaya awam yang mana kepercayaan dan budaya masyarakat setempat membuat hal itu seolah2 Real dan menjadi fenomena karena mereka tidak mengerti dan tidak memahami bahwa hal2 tersebut tak lebih dr sebuah penyakit yg bisa dijelaskan secara logis.....hahahhhaa...

TErnyata.. sekali lagi Allah sangat menyayangi saya...

Mengenyam pendidikan di sebuah institut milik sebuah organisasi Charitas yg juga sangat berbasis RElegius milik penganut dan tetua2 serta bercengkrama dengan prof2 teologie, medizine and filosof Katholik itu membuat saya yg tolol ini mau tak mau memperlajari dan akhirnya di temukan kembali dengan " KESURUPAN"=))

saya pun berkenalan dengan metode "EXOZIRMUS.."atau dalam bahasa latinnya "exorkimos" (silahkan search di google untuk pemahaman lanjut)...
kalau saya artikan dalam bahasa indonesia kira2 begini..." sebuah ritual agama Katholik yang sebenarnya diangkat oleh testament lama.. sebuah praktek pembebasan dr setan.." kalo kata orang islam mah kayak kiyai or ustad2 yg membebaskan seseorang yg kesurupan dr setan=))

Pengalaman yg menarik tersebut Alhamdulillah saya lihat sendiri ketika saya sedang bekerja...saya dan salah satu tenaga ahli yg psycholog itu kewalahan dengan seorang pasien yg kita duga salah diagnosis.. diagnosis sang pasien awalnya.. dipresi.. so... kita pikir dia mengalami pemendaman agresi yg hebat sehingga..membuat Kolaps dan munculah epilepsi...tapi kok anehnya kok kadang2 muncul fenomena schizroprenie.. and the psychofarmaka... not help....bahkan.. fixierung... atau ikatan dikasurnya pun yg udah 5 membuat kejadian2 mistik yg membuat saya bergidik...
:) sebagai seseorang yg beragama.. mau tak mau saya pun ketakutan... well.. everytime gw ngehandle tuh pasien mau gak mau gw pun berdoa... dan Waulahualam mungkin kekuatan doa saya yg menyelamatkan saya sehingga saya tidak pernah mengalami luka fisik extrem.. but si pasien tetep aja kolaps mengerikan berkali2..dan doa2 saya untuknya tidak membuat dia menjadi lebih baik...

kejadian itu membuat saya dan rekan saya berdiskusi hebat.. menganalisis hebat... "ooh mungkin.. begini mungkin begitu"

hingga akhirnya saya memutuskan untuk meminta nasehat prof saya di kampus...Prof favorit saya yg pendeta itupun.. hanya tersenyum.. mendengarkan cerita saya.. and he say.. "i dont know if i can help.."

setelah berfikir..dan menganalisis.. (mungkin lebih tepatnya menerka2... berbasis ilmu kali ye)...saya pun mengajak sang prof... dan si prof mengajak seseorang yg dia yakini memahami Exozirmus..

Praxis exozirmus yg saya biasanya lihat hanya di film2 ini akhirnya saya lihat sendiri karena saya memaksa untuk melihat....

Ritual yg menurut saya sebelumnya kuno dan gak masuk akal itu memang membuat bulu kuduk saya merinding... dan membuat saya berkomat kamit berdoa menurut kepercayaan saya...

Ternyata ritual yg kami lakukan merupakan praktek ilegal di jerman...:)tapi hal itu tetap bisa kami jalani setelah birokrasi dan administrasi yg sulit pada keluarga pasien dan agak diam2 dr si boss hahahhaahahhaa..

Well.. setelah ritual yg dilakukan berkali2... pasien tersebut pun bisa tenang saya tidak bilang pasien itu sembuh... she still have dipresi.. but its not going so extreem...

Kejadian dan pengalaman itu membuat saya tertarik lebih jauh untuk memahami exozirmus... dan praktek ritual sejenis... dan salah satu boss di kantor yg kebetulan orang afrika itu suatu kali mengajak saya berdiskusi mengenai pemahaman kepercayaannya tentang voodoo yg kata orang indonesia sejenis santet....:)yang sepanjang saya bekerja di dunia psychiatrie pun pernah saya temui ... Dulunya saya tidak pernah berfikir kalo mistik yg tadinya saya anggap lelucon di indonesia pun masih hidup di negeri se modern jerman...

Saya yg penasaran dan penuh rasa keingintahuan ini pun.. akhirnya semakin tertarik... dan semakin ingin mengetahui banyak hal mengenai hal itu:) membuat saya semakin sering mengunjungi GEreja2 tua dan peninggalan2 sejarah sebelum Christianisasi.. and the more i see everything about that...dan semakin pula membuat saya percaya sekaligus mempertanyakan.....:))

Waullahualam...

tapi satu hal yg saya tau benar... bahwa.. "KEPERCAYAAN" atau "KEYAKINAN" agama apapun itu akan membantu manusia... untuk melindungi dirinya...

secara psychologie mungkin hal itu layaknya sebuah obat.. layaknya sebuah sugesti...yg mampu memberikan energie yg luar biasa!!!

secara fenomena... pepatah jerman kuno pernah berkata "KEPERCAYAAN dalam hal KEAGAMAAN MAmpu Memindahkan GUNUNG"

dan sekali lagi Allah memang sangat menyayangi saya... Aneka Fenomena dan PErtanyaan2 itu justru membuat saya yg sok pinter ini hanya bisa menebak2.. mencari tahu dan menemukan titik temu.. dr apa2 yg Dia perlihatkan.. (susah bo ngejelasinnya)....

hal yg menarik adalah bukan ritual yg mana menyembuhkan siapa...

tapi Allah memang tidak hanya menciptakan manusia hewan dan tumbuhan... melainkan ada mahluk lain.. ada kemistisan yg sesungguhnya bukanlah fenomena.. karena Agama dan keyakinan manapun di dunia ini.. sejak ZAMAN sebelum ISA a.s pun mengemukakan... keberadaan Jin dan Syetan...

:)dan yg saya pahami.. adalah.. seperti halnya manusia dengan perbedaan aneka kepercayaan dan budaya... JIN pun punya aneka kepercayaan dan budaya... (MUngkin)...hanya tuhan yg tau.

No comments: